Resiko Jualan Buah yang Sering Ditemui

Dalam usaha pasti ada resikonya, termasuk jualan buah. Resiko jualan buah yang paling dominan adalah buah menjadi busuk. Sudah bukan rahasia umum jika buah yang busuk menjadi dampak dari bisnis buah.  Tetapi meskipun usaha buah memiliki resiko yang sering terjadi, usaha buah tetap bisa dibilang sebagai salah satu usaha yang cukup menguntungkan. Dampak dari usaha buah busuk memang tidak bisa dihindari. 

Namun resiko dari usaha buah Segar Kumala Indonesia ini bisa diminimalisir jika anda benar-benar serius dan menekuni dari usaha buah ini. selain buah yang tiba-tiba menjadi busuk masih ada beberapa lagi resiko usaha buah yang seringkali terjadi. 

Resiko Jualan Buah Apel 

Berikut ini beberapa resiko yang sering terjadi dalam usaha jualan buah:

  • Buah yang Busuk 

Resiko yang paling umum terjadi adalah buah yang busuk. Dalam waktu satu bulan pasti ada buah yang busuk. Dalam hal ini, anda juga harus pandai menyiasati buah yang memiliki resiko pembusukan yang cepat. Jika buah yang ada di dalam stock termasuk dalam kategori buah yang mudah busuk, maka anda juga harus menyetok buah tersebut ketika belum terlalu matang atau buah yang mudah busuk dapat anda prioritaskan untuk dijual lebih dulu. 

  • Musiman 

Satu lagi resiko yang sering menjadi pertimbangan besar untuk orang yang ingin mulai usaha buah import berkualitas adalah musiman. Resiko bisnis buah memang tergantung pada musiman dari buah tersebut. Memang ada buah yang tetap dapat dijual ketika sedang tidak musiman namun pasti memiliki harga yang terbilang cukup tinggi. Demikian juga sebaliknya, jika sedang musimnya maka akan lebih mudah mendapatkan buah dan harganya juga terbilang sangat murah. 

  • Waktu yang Cukup Lama dalam Merintisnya 

Selanjutnya yang dapat menjadi pertimbangan adalah merintisnya yang lama. Bisnis buah ini terbilang salah satu usaha yang membutuhkan waktu cukup lama untuk merintisnya. Dalam suatu pengamatan, untuk merintis bisnis buah ini biasanya paling cepat membutuhkan waktu satu tahun. Apalagi jika hanya mengandalkan dari musiman buah. Usaha berjualan buah pasti akan terasa sulit untuk berkembang. 

  • Harga yang Sering Turun 

Resiko lain dari usaha buah adalah harga yang sering turun. Jika ketika musim sedang melimpah maka harga buah akan turun dengan sangat drastic. Apalagi ketika buah sudah mulai banyak yang akan busuk. Penjual biasanya akan menjualnya dengan sistem obral. Agar buah tersebut tetap bisa menghasilkan sales dan tidak terbuang sia-sia yang dapat menyebabkan terjadinya kerugian. 

 

Cara Mengatasi Resiko Jualan Buah Alpukat 

No 

Cara Mengatasi Resiko Berjualan Buah 

1

Perbaiki pelayanan 

2

Jangan berbohong 

3

Berikan bonus tambahan 

4

Penataan disesuaikan dengan jenis buah

5

Lihat lokasi 

6

Jangan lupa memberikan masukan tentang buah


  • Hambatan pada Supplier 

Salah satu kerugian lain dalam usaha buah adalah kerja sama dengan supplier yang tidak baik. Pedagang buah import harus memastikan bahwa buah yang dikirimkan oleh supplier juga harus dalam kondisi yang layak, tidak busuk, pengiriman tidak telat dan harganya juga masih wajar. Anda kemungkinan akan banyak berganti supplier. Namun anda dapat memanfaatkan sistem procurement yang tepat untuk membantu anda dalam mengatur kerja sama dengan supplier. 

Tips Meminimalisir Kerugian dalam Usaha Buah 

Jika dilihat dari resiko di atas memang usaha dagang buah ini memiliki resiko yang cukup signifikan. Tetapi sekalipun resiko tersebut tidak bisa dihindari namun bisa diminimalisir untuk mengurangi efek dari resiko tersebut. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalkan resiko berjualan buah: 

  • Buah Sering Disortir 

Agar dapat melihat buah yang sudah mendekati bau, anda harus rajin-rajin dalam menyortir buah. Mengapa? Kareana dengan menyortir buah, anda bisa memasarkan buah-buahan yang sudah mendekati busuk atau anda bisa memprioritaskan buah yang mudah bau untuk dijual duluan. 

  • Menjadikan Buah Olahan 

Dalam melakukan usaha apapun, anda tetap harus bisa berpikir kreatif. Jika pedagang buah biasanya lebih biasa memasarkan buah bundar saja, maka kenapa anda tidak menjajal mengolah buah tersebut. Langkah ini juga dapat dikerjakan sebagai cara meminimalisir dalam perjuangan buah. Buah yang mendekati anyir. 

FAQ 

Berapa persen keuntungan jual buah?

-Keuntungan berbisnis buah ada di angka 50%-80% bagi setiap buah yang terjual. Potensi tersebut bisa memberikan keuntungan dalam setiap penjualannya. Oleh karena itu, berjualan buah termasuk bisnis yang menguntungkan.

Buah buah apa yang bisa dijual?

-Durian. Durian, Mangga, Nanas Madu, Jambu, Semangka, Salak, Manggis, Melon.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top