buah import berkualitas

Buah Import Berkualitas

Ketika membeli buah, apakah Anda sering kebingungan menentukan mana buah importy berkualitas yang masih segar? Jika iya, Anda tidak usah khawatir karena memilih persoalan ini memang cukup tricky. Tidak semua orang bisa mengenali ciri-ciri buah yang sudah matang karena beberapa buah kadang akan tampak sama saja. 

Tetapi ini tentu bukan menjadi alasan bagi anda mendapatkan buah yang masih mentah atau justru sudah busuk. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali cara yang tepat memilih buah dengan kualitas terbaik. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam memilih buah yang segar dan matang. 

Ciri Buah Import Berkualitas Apa Aja 

Beberapa kriteria bisa digunakan dalam memilih buah segar yang baik di antaranya: 

  • Kriteria Fisik 

Penilaian mutu buah dari segi fisik adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Parameter mutu yang bisa dilihat secara visual meliputi warna kulit, kesegaran dan kebersihan kulit, warna daging buah, ukuran dan bentuk buah. Sedangkan parameter mutu fisik lain adalah tekstur, kekerasan atau kepadatan, berat jenis dan kandungan sari buah (juice). 

  • Warna Kulit 

Setiap jenis buah, bahkan setiap varietasnya, memiliki warna kulit khas. Biasanya buah yang mengalami proses pematangan akan berubah warna kulitnya dari hijau gelap menjadi kuning, merah atau ungu. Warna untuk beberapa buah biasanya memiliki arti kualitas yang baik. Sebaiknya hindari buah yang warnanya terlalu pucat atau tua karena itu menandakan bahwa buah belum cukup matang. Adapun buah yang warnanya terlalu tua menandakan bahwa buah sudah mulai busuk. 

  • Mencium Aroma untuk Tahu Kualitasnya 

Buah yang matang dan berkualitas baik biasanya memiliki aroma yang segar dan cenderung manis sedangkan buah yang belum matang cenderung beraroma sepat atau bahkan tidak punya aroma sama sekali. Selain itu, hindari juga buah berbau asam dan menyengat karena kemungkinan buah tersebut sudah busuk. 

  • Kesegaran dan Kebersihan Kulit 

Buah yang tampak segar, kulitnya mengkilap, tidak keriput dan tidak ada noda, baik noda bekas gigitan serangga ataupun noda getah. 

  • Memeriksa Kulit Buah 

Untuk mengetahui apakah buah yang anda beli sudah matang atau belum, anda juga memeriksa dari kulitnya. Buah yang masih segar biasanya memiliki kulit yang bagus atau tidak rusak sedangkan buah yang tidak segar biasanya ditandai dengan kulit yang mulai lembek, keriput, bahkan rusak. 

  • Memperhatikan Teksturnya 

Hal yang tidak kalah penting juga adalah dengan melihat dan memperhatikan tekstur buah. Anda juga bisa mencoba menekan bagian badan buah. Jika buah sudah matang biasanya memiliki tekstur yang empuk namun tidak lembek. Selain itu, sebaiknya anda menghindari buah yang tekstur dagingnya masih keras karena biasanya belum dapat langsung dimakan alias masih mentah. 

Buah Import Berkualitas Agen yang Direkomendasikan

No 

Agen Buah Import

1

SKI 

2

Tani Hub 

3

Semboro Semarang 

4

Avomango 

5

Lumbung Nusa

  • Kesegaran dan Kebersihan Kulit 

Buah yang baik tampak segar, kulitnya berkilap, tidak keriput dan tidak ada noda baik noda bekas gigitan serangga ataupun noda getah. 

  • Ukuran dan Bentuk Buah 

Biasanya pada saat layak petik buah mempunyai ukuran maksimum dengan bentuk yang khas juga. Contohnya pada pisang ambon dan Cavendish. Salah satu kriteria pisang tersebut adalah bentuk penampang melintangnya sudah membulat (tidak bersegi-segi) dengan ukuran garis tengah 2,7 – 3,3 cm. 

  • Kerapatan Rambut atau Duri 

Buah yang berambut atau berduri telah layak dipetik untuk dikonsumsi apabila rambut atau durinya sudah merenggang. Pada beberapa buah seperti Nangka dan sirsak, durinya selain merenggang juga melunak. 

  • Kekerasan 

Kekerasan buah bisa dirasakan lewat pijatan jari. Buah yang matang dan siap dikonsumsi relatif lebih lunak dibandingkan dengan buah yang masih mentah. Buah yang baik mempunyai kekerasan merata contoh yang paling jelas pada jeruk. Jika kekerasannya tidak merata maka sebagian daging buahnya akan berbeda rasanya. 

  • Berat Jenis 

Sejalan dengan kematangan buah, berat jenis buah juga naik. Sifat ini sudah dijadikan sebagai salah satu prinsip dasar untuk memisahkan antara buah yang cukup tua dan yang masih muda ketika buah baru saat buah baru dipanen. 

  • Kandungan Vitamin dan Mineral 

Buah adalah sumber vitamin, khususnya A dan C serta sumber mineral yang baik. Vitamin dan mineral yang banyak ada dalam buah terbukti bisa membantu mengurangi peningkatan kolestyerol dalam darah dan mengurangi peningkatan gula darah. Buah-buahan yang berwarna lebih banyak mengandung vitamin dibandingkan dengan yang tidak berwarna. 

FAQ 

Apa saja buah impor? 

Buah impor adalah buah yang berasal dari luar negeri dan bukan ditanam di negara sendiri namun di negara orang lain. 

Kenapa harga buah impor lebih murah? 

-Faktor alam yang subur menjadikan hampir semua jenis buah-buahan dapat tumbuh subur di IndonesiaBuah impor dari segi harga lebih murah dibandingkan dengan buah lokal. Walaupun sebetulnya kualitas buah import masih di bawah buah lokal. 

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top