Tips Sukses Usaha Jus Buah Kekinian

Tips Sukses Usaha Jus Buah Kekinian

Bisnis minuman selalu memiliki prospek usaha dan keuntungan yang menjanjikan. Tidak mengherankan saat ini banyak muncul berbagai usaha franchise berbasis minuman kekinian. Di tengah ramainya usaha minuman kekinian, usaha jus buah kekinian tetap mendapatkan tempat di hati masyarakat. Pasalnya, minuman jus ini masih menjadi minuman sehat yang paling di gemari banyak orang. Khasiat buah dan kandungan vitamin di dalamnya menjadi alasan utama orang-orang mengkonsumsi jus buah. 

Bisnis jus buah segar kumala Indonesia saat ini juga dapat menghasilkan pendapatan sampai jutaan rupiah. Namun anda perlu berfikir lebih kreatif untuk dapat lebih unggul di bandingkan dengan orang lain yang juga menjalankan usaha jus buah kekinian. Karena saat ini sudah banyak orang yang membuka usaha jus buah kekinian pada berbagai sudut kota. Inilah tantangan yang harus anda hadapi sebelum memutuskan untuk memulai bisnis jus buah. 

Bagaimana Cara Menjalankan Usaha Jus Buah? 

Setelah melihat dan mengetahui peluang usaha jus buah ini, anda pasti tertarik membuka bisnis ini. Tetapi anda pasti juga bingung harus memulainya dari mana dan apa yang harus anda lakukan pertama kali. Untuk itu, ada beberapa tips dalam memulai usaha jus buah kekinian sebagai berikut: 

  1. Mencari Supplier yang Berkualitas 

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mencari supplier atau pemasok bahan baku, dalam hal ini adalah buah-buahan dan alat pendukung lainnya. Carilah supplier yang punya kualitas baik itu kualitas buah dan pelayanan yang baik. Selain itu, perhatikan juga penawaran harga mereka karena ini juga akan menentukan keuntungan yang di dapatkan. 

Carilah supplier yang selalu siap memasok bahan baku pada bisnis anda. Akan jauh lebih baik jika anda memiliki hubungan yang baik dengan pemasok sehingga anda dapat mengatur pembelian dengan mudah. Selain itu, anda bisa meningkatkan kegiatan pembelian bahan baku bisnis dengan dengan sistem pembelian terbaik. 

  1. Membangun Brand Usaha Jus Buah yang Menarik 

Setelah mendapatkan supplier buah import, langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah menentukan nama brand usaha jus buah kekinian. Brand bukan hanya sekadar merk dagang namun juga konsep bsinisnya. Untuk itu, anda perlu menentukan target market agar konsep bisnis sesuai dan akan mendatangkan keuntungan bagi bisnis. 

Selanjutnya, carilah nama yang mudah di ingat oleh masyarakat dan logo yang menonjol namun tidak norak. Gunakan perpaduan warna yang cocok dan tampak menarik. Hal ini penting karena akan menjadi identitas dari bisnis anda. Tujuan membangun brand usaha adalah supaya orang-orang bisa mengenal dan mengingat usaha anda. Lakukan riset pasar sebelum menentukan brand untuk usaha anda. 

  1. Cari Lokasi yang Strategis 

Banyak orang yang meremehkan lokasi bisnis, mereka menganggap asal rasanya enak maka semua orang pasti akan membeli produknya.  Tetapi perilaku konsumen saat ini lebih menyukai hal-hal yang lebih praktis. Untuk itu, anda sebaiknya mencari lokasi yang strategis yang ada di tengah keramaian dan mudah di jangkau oleh banyak orang seperti sekolah atau kantor. Pemilihan lokasi yang kurang tepat akan membuat jus buah tidak begitu ramai karena akses yang sulit untuk konsumen. 

Kelemahan Usaha Jus Buah 

NoKelemahan Bisnis Jus Buah
1Kenaikan harga buah 
2Harga gula putih naik 
3Musim hujan 
4Memerlukan listrik 
5Pasokan buah 
6Buah busuk 
7Jus tidak dapat mengganti makanan 
8Jus tidak bisa membersihkan racun 
9Harus bisa bersaing dengan bisnis minuman lain
  1. Melakukan Inovasi Produk Jus Buah 

Usaha bidang kuliner memang tidak ada matinya, namun bukan berarti anda tidak perlu melakukan inovasi produk. Pelanggan akan bosan kalau hanya menu itu-itu saja yang di jual. Di sisi lain, para pesaing anda sedang melakukan berbagai inovasi rasa agar produknya semakin di sukai oleh masyarakat luas. Inilah mengapa inovasi penting untuk dilakukan. Inovasi yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuat jus untuk Kesehatan, jus untuk diet, dan lain sebagainya yang sudah di ukur sesuai kebutuhan gizinya sesuai tujuan jus tersebut. Jangan lupakan presentasi atau penampilan produk, anda dapat menggunakan kemasan yang menarik dan unik. 

  1. Menggunakan Sistem POS untuk Memudahkan Pengelolaan Usaha Jus Buah 

Sebagai seorang pebisnis, anda pasti tidak ingin mengecewakan pelanggan karena pelayanan yang lama, kesalahan menu sampai dengan kesalahan pembayaran. Anda dapat menghindari kesalahan-kesalahan tersebut dengan menggunakan bantuan software Point of Sales (POS). software ini berbasis web sehingga anda bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja selama terkoneksi dengan internet.

Sistem ini juga akan membantu anda dalam proses administrasi. Sistem POS terbaik ini akan mencatat segala bentuk transaksi dalam bisnis dengan akurat dan realtime sehingga anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi bisnis kedepannya. Anda akan lebih banyak menjangkau pelanggan. 

  1. Mempromosikan Usaha Jus Buah dengan Menarik 

Promosi produk distributor buah import juga menjadi hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis, termasuk bisnis jus buah. Anda bisa melakukan promosi secara offline atau konvensional seperti menempelkan poster dan banner atau memanfaat media sosial, komunitas online bahkan dengan menggunakan iklan berbayar. Keuntungan melakukan promosi atau pemasaran online adalah bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. 

Dalam online marketing, sebaiknya gunakan gambar yang menarik dan jelas. Demikian juga dengan bahasa-bahasa promosi, gunakan bahasa yang persuasif untuk meyakinkan para konsumen. Strategi yang dapat digunakan adalah dengan memberikan promo online seperti buy one get one dan potongan harga pada hari-hari tertentu. Sedangkan secara konvensional, anda bisa menggunakan strategy kupon. 

  1. Memperhatikan Kebersihan Bahan 

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan ketika membuka bisnis kuliner khususnya usaha jus buah kekinian adalah tentang kebersihan, baik itu kebersihan bahan baku atau peralatan. Dalam memilih air mineral, sebaiknya pilihlah air mineral dengan kualitas terbaik. Selain itu, ketika melayani satu pembeli atau satu porsi jus jangan lupa mencuci blender dengan bersih. Jika kebersihan terjaga dengan baik maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen.   

FAQ 

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dalam bisnis jus buah?

-Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam bisnis jus buah tergantung dari jenis jus yang akan dijual. Namun, bahan-bahan umumnya meliputi buah-buahan segar, air, dan gula atau pemanis alami lainnya.

Bisakah bisnis jus buah dijalankan secara online?

-Ya, bisnis jus buah bisa dijalankan secara online. Anda bisa memanfaatkan platform e-commerce atau media sosial untuk memasarkan produk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top