Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Cara Menyimpan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk – Buah-buahan adalah produk makanan yang rentan terhadap kontaminasi penyebab penyakit. Perubahan kualitas seperti rasa, penampilan, tekstur dan kandungan nutrisi juga dapat terjadi selama proses penyimpanan. Umumnya buah bisa mengalami penurunan kualitas selama proses penyimpanan. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk agar kualitas buah tetap terjaga. 

Buah Sebaiknya Disimpan Dimana? Tips untuk Menyimpan 

Berikut ini cara penyimpanan buah di kulkas yang benar untuk mempertahankan kualitas serta menghindari kontaminasi. 

  • Jangan Dicuci Sebelum Disimpan 

Anda harus mencuci buah sebelum memakannya. Tetapi saat menyimpan buah Segar Kumala Indonesia dalam kulkas, anda sebaiknya tidak mencucinya lebih dulu. Buah yang di cuci kemungkinan meninggalkan air dan membuatnya lebih lembab. Kelembaban inilah yang bisa membuat buah cepat busuk selama proses penyimpanan. Jika memang harus di cuci sebelum di simpan, maka pastikan anda mengeringkan buah yang sudah di cuci sebelum di masukkan ke dalam kulkas untuk di simpan. 

  • Memperhatikan Wadah Penyimpanan

Sebelum di simpan dalam kulkas, pastikan anda menaruh buah dalam wadah tertentu. Masukkan buah dalam wadah plastic dengan beberapa lubang kecil sebagai ventilasi. Selain lebih rapi,menggunakan wadah dengan sedikit ventilasi juga menghindarkan buah dari kontaminasi secara langsung dan perubahan kualitas. Tetapi, untuk buah yang telah di potong, anda sebaiknya menempatkannya pada wadah kedap udara. Karena jika buah potong di biarkan terbuka maka ini bisa menyebabkan buah teroksidasi serta mengalami penurunan kualitas. 

  • Memperhatikan Suhu dalam Kulkas 

Supaya tidak cepat busuk, maka cara menyimpan buah import berkualitas yang baik adalah dengan memperhatikan suhu kulkas. Kondisi dingin dan sejuk di butuhkan untuk menyimpan buah dan sayuran dalam lemari es yaitu sekitar 0-10 derajat Celcius. Buah beri seperti blueberry, raspberry, strawberry, maka penyimpanan pada suhu 0-4 derajat Celcius sangat di anjurkan untuk memperpanjang masa simpan. 

  • Memperhatikan Waktu Penyimpanan 

Buah dalam kulkas punya ketahanan yang variatif, tergantung jenis buah. Misalnya apel bisa tahan hingga 6 bulan dalam suhu 0-4 derajat Celcius. Ini berbeda dengan anggur yang memiliki ketahanan hanya 6 minggu dengan suhu yang sama. Tidak hanya itu, pada buah-buahan lunak terjadi penurunan nutrisi setelah 3 hari pendinginan. Berbeda dengan buah utuh, menyimpan buah potong di lemari es biasanya tidak terlalu lama. Anda harus mengkonsumsi buah yang sudah di potong dalam 2-3 hari untuk mempertahankan kualitasnya. 

Buah yang Tidak Mudah Busuk & Jangan Disimpan di Kulkas

NoBuah yang Tidak Perlu Masuk KulkasPenjelasan
1Pisang Buah-buahan yang tumbuh di negara tropis sangat sensitif
2Alpukat Jika disimpan dalam kulkas, justru akan memperlambat proses pematangan
3Melon Akan mengurangi kandungan antioksidan   
4TomatMendinginkan buah tomat ternyata berpengaruh aktivitas gen khususnya yang menghasilkan enzim yang membuat tomat menjadi manis dan beraroma segar
5Buah Persik Menjadi kehilangan rasa jika disimpan dalam kulkas 
  • Memisahkan dengan Bahan Makanan Lain

Sekalipun di simpan di kulkas, tetap pastikan penyimpanan buah terpisah dengan produk daging atau produk unggas yang lainnya. Hal ini bertujuan menghindari kontaminasi bakteri yang bisa merusak kualitas buah, khususnya di distributor buah import

  • Pastikan Kebersihan Kulkas 

Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas buah adalah kontaminasi bakteri. Selain menerapkan beberapa cara di atas, menjaga kebersihan kulkas juga penting untuk menghindari kontaminasi bakteri ketika menyimpan buah. Bersihkan kulkas anda secara teratur, minimal satu bulan sekali atau saat kulkas sudah tampak kotor dan baunya tidak sedap. Anda bisa menggunakan cuka putih atau air sabun untuk membersihkannya. Jangan lupa menghindari cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk terlalu banyak untuk mempertahankan sirkulasi udara dalam kulkas.

  • Menyimpan Buah dengan Menggunakan Tisu 

Kondisi lembab bisa mempercepat proses pembusukan buah. Jadi untuk menjaga kondisi buah tidak mudah lembab, anda bisa membungkus atau melapisinya dengan tisu. Tisu mencegah buah mengalami kerusakan ketika di simpan di kulkas. Tetapi jika kondisi tisu sudah basah maka segera menggantinya dengan menggunakan tisu baru yang kering supaya buah tetap segar dan awet. 

Penyebab Buah Cepat Busuk 

Berikut ini beberapa penyebab mengapa buah cepat membusuk:

  • Menyimpan Sayuran Hijau dalam Kantong Plastik 

Sayuran hijau dan berdaun yang di simpan dalam kantong plastic kemudian di masukkan ke kulkas justru akan mempercepat proses pembusukan. 

  • Menyimpan Buah Bersi Menumpuk di Dalam Wadah 

Cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk selanjutnya Buah beri sangat penting untuk tidak di tumpuk satu sama lain. Tisu bertujuan untuk menyerap kelembaban ekstra dan mencegah jamur. Beri sebaiknya tidak di simpan pada suhu ruangan karena mempermudah jamur untuk tumbuh. 

  • Menyimpan Melon atau Semangka Utuh dalam Kulkas 

Menaruh semangka atau melon utuh dalam kulkas akan merusak baik rasa ataupun teksturnya. Untuk menjaga rasanya, melon harus di simpan di atas meja pada suhu ruangan sampai matang kemudian setelah di potong harus di simpan dalam kulkas. 

  • Menyimpan Berbagai Buah dalam Wadah yang Sama 

Buah-buahan yang berbeda dan di simpan dalam wadah yang sama akan mempercepat proses pembusukan. Sebaiknya simpan pisang, apel, pir dan tomat di tempat yang berbeda. Kalau bisa, simpan secara berjauhan. 

  • Meletakkan Buah Potong pada Suhu Ruangan Terlalu Lama 

Buah potong harus segera di masukkan ke dalam kulkas. Ini karena buah yang sudah di potong menjadi makanan TCS. Yang di maksud makanan TCS adalah makanan yang membutuhkan pengaturan waktu dan suhu untuk keamanan. Makanan TCS lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Untuk itu, jika lebih dari empat jam buah yang di potong dibiarkan keluar dari kulkas maka harus di buang. 

FAQ

Apakah ada buah-buahan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas?

-Ya, beberapa buah-buahan sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas. Buah-buahan seperti pisang, mangga, pepaya, dan jeruk sebaiknya disimpan di luar kulkas pada suhu ruangan agar tetap matang dan mencapai tekstur yang baik. Suhu dingin dalam kulkas dapat mempengaruhi rasa dan kualitas buah-buahan ini.

Berapa lama buah dapat disimpan dalam kulkas sebelum memburuk?

-Waktu penyimpanan buah dalam kulkas bervariasi tergantung jenis buah dan tingkat kematangannya. Secara umum, buah biasanya dapat bertahan selama beberapa hari hingga beberapa minggu dalam kulkas sebelum mulai memburuk. Namun, penting untuk memeriksa buah secara rutin dan mengkonsumsinya sebelum terlalu lama disimpan agar tetap segar dan berkualitas baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top