Distributor Buah Import 

Saat ini, berjualan buah dianggap sebagai usaha yang belum tentu menguntungkan. Padahal Anda bisa menghasilkan keuntungan besar dengan menjalankan bisnis distributor buah import. Menjadi distributor di supermarket adalah salah satu cara mengembangkan bisnis anda. Tidak sedikit pebisnis yang bermimpi untuk memasukkan produk dagangannya ke supermarket. Sebagai distributor, Anda bisa menjual produk dagangan Anda di supermarket. 

Mengapa harus menjual buah di supermarket? Orang-orang saat ini lebih memilih membeli buah-buahan yang selain segar namun juga higienis, tidak terkena sengatan matahari langsung dan lainnya. Kebiasaan seperti ini adalah peluang untuk sukses dengan bisnis menjadi distributor buah di supermarket. 

Cara Menjadi Distributor Buah Import Indonesia 

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan menjual buah di Supermarket. Misalnya produk Anda akan menjangkau konsumen yang lebih luas. Anda yang ingin membuka bisnis menjadi distributor buah, berikut ini beberapa cara menjadi distributor yang paling ampuh: 

  • Menyiapkan Cukup Modal 

Memulai bisnis pada bidang apapun pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit. Termasuk dalam membuka usaha menjadi distributor buah. Modal untuk menjadi distributor buah setidaknya sudah cukup untuk membeli buah sebagai barang dagangan, sewa kios, plastic untuk membungkus dan lainnya. 

Anda setidaknya harus menyiampak modal belasan juta rupiah untuk membuka usaha menjadi distributor. Anda yang memiliki tanaman buah sendiri, uang terbilang cukup untuk membuka usaha buah. Karena Anda tidak usah membeli stok buah yang banyak. Modal belasan juta selain untuk membeli buah dari distributor namun juga bisa membayar sewa kios selama satu bulan, mendaftar untuk menjadi distributor di Supermarket, dan lainnya. 

  • Mengemas Produk dengan Baik 

Cara sukses menjual buah di supermarket yaitu dengan mengemas produk Anda sebaik mungkin misalnya dengan mengemas buah per seperempat kilogram yang dibungkus dengan plastic mika. Pastikan bahwa produk dagangan Anda tidak kotor dan tidak ada ulat sebelum diplastik. Supermarket akan memutus Kerjasama jika produk yang dijual ternyata bermasalah. Maka pastikan bahwa produk yang dijual bersih dan aman. 

  • Memberikan Label Produk 

Agar bisa sukses berjualan buah di supermarket, maka salah satu caranya adalah dengan menempelkan label produk. Meskipun produk yang dijual berupa buah yang tidak melewati proses pengolahan. Tetapi pemberian label pada produk dagangan adalah hal penting saat Anda menjual produk ke supermarket. 

Pastikan bahwa Anda sudah menentukan nama usaha Anda sebelum memutuskan menjadi supplier buah di supermarket. Ada banyak cara menemukan nama usaha misalnya dengan meminta pendapat pada orang-orang terdekat. 

Pemberian label pada produk buah tidak usah terlalu besar cukup dengan ukuran diameter 1,5 cm dan bentuknya bulat. Anda dapat mencari ide desain label produk buah lewat Google. Jika anda ingin membuat label buah produk segar namun tidak bisa membuat desain dan tidak mau ribet maka Anda dapat memanfaatkan jasa pembuatan label produk. 

Ada berbagai varian harga untuk membuat desain label produk buah. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Anda bisa mencari jasa pembuatan label lewat marketplace dengan pencarian jasa pembuatan label buah. Harga pencetakan label bervariasi. Pastikan bahwa label produk sudah mencantumkan nama serta jenis buah yang jelas. 

Kelebihan dan Kekurangan Distributor Buah Import Jakarta 

No 

Kelebihan dan Kekurangan Distributor Buah

1

Leluasa untuk mengelola produk yang dibeli lebih dulu

2

Tidak bergantung pada satu produsen 

3

Margin yang diambil dapat disesuaikan dengan keuntungan yang didapatkan 

4

Mudah membangun kepercayaan serta loyalitas klien jika dijalankan dengan benar

5

Membutuhkan modal yang cukup besar untuk memasok produk 

6

Membutuhkan gudang penyimpanan 

7

Produk memiliki masa kadaluwarsa 

8

Bertanggung jawab atas banyak hal seperti pengemasan, pengiriman, penerimaan complain hingga memasarkan bisnis 

 

  • Mengikuti Aturan di Supermarket 

Agar kerjasama lebih panjang dengan supermarket, maka Anda harus mengikuti aturan yang diberikan dari pihak Supermarket misalnya tentang target memenuhi order per satu hari. Maksud pemenuhan order ini adalah kemampuan untuk memberikan stok buah di supermarket yang diajak Kerjasama untuk kebutuhan jenis buah yang dijual. Tujuannya yaitu supaya penjualan buah dari usaha Anda bisa maksimal. 

  • Siap Memenuhi Syarat Penjualan Supermarket 

Untuk menjadi distributor di Supermarket yang harus Anda ingat yaitu dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan oleh supermarket. Syarat dan ketentuan yang diberlakukan yaitu seputar kelayakan produk dan berbagai hal berikut ini: 

  • Nama produk yang jelas 
  • Siap mengikuti aturan supermarket 
  • Barcode 
  • Tersedia label halal 
  • Label tanggal kelayakan konsumsi produk 
  • Tersedia ukuran gram dan lainnya 
  • Menjual produk yang layak jual 
  • Membahas Kemitraan Distributor Buah 

Jika konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan dan setuju untuk menerima produk dari Anda, maka selanjutnya yaitu Anda harus membicarakan soal kemitraan antara anda dan mereka atau dengan kata lain pembuatan kontrak dengan konsumen. Dalam hal kemitraan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu: 

Sistem bayar. Anda tentunya harus saling sepakat dengan sistem pembayaran yang akan dijalankan. Apakah sistemnya barang akan dibayar secara langsung setelah didatangkan atau menunggu selama beberapa saat setelah barang diantar baru dibayar. Jika anda menjadi distributor untuk supermarket ada beberapa biaya lain yang harus dibicarakan juga. 

Waktu pengiriman. Buah adalah barang yang harus distok ulang dalam waktu tertentu. Tentukan waktu pengiriman yang cocok antara anda serta pihak mitra supaya buah yang dijual tidak menurun kualitasnya dan terbuang percuma. 

Jumlah Barang. Kapasitas barang juga tidak kalah penting untuk dibicarakan dan dibuat kesepakatan. Dengan mengatur jumlah barang yang diantar, Anda dapat menekan resiko kerugian seperti buah yang kurang laku di pasaran serta biaya sewa tempat yang terlalu tinggi. 

FAQ

Apa yang dimaksud dengan distributor? 

-Distributor adalah pihak yang membeli produk dalam jumlah besar dari produsen dan mendistribusikannya baik secara langsung ke konsumen atau ke pengecer yang kemudian menjualnya ke konsumen. 

Apa tugas dari distributor? 

-Membeli produk, menyimpan produk, menjual produk, mengangkut produk, klasifikasi produk, informasi produk dan promosi produk. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top