Tips Jualan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Tips Jualan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Sebagai makanan yang tinggi akan nutrisi, buah-buahan sering di konsumsi untuk camilan dan pencuci mulut. Tidak mengherankan, banyak orang membeli buah dalam jumlah banyak untuk disimpan dalam beberapa waktu ke depan. Tips jualan buah agar tidak cepat busuk sangat di butuhkan agar pedagang buah tidak merugi. Untuk menjaga kesegaran buah, kita bisa menyimpan buah di dalam kulkas. Tetapi tidak semua jenis buah dapat kita simpan. 

Ada beberapa buah yang dapat tetap segar dalam suhu ruangan seperti pisang, avokad dan sebagainya. Buah yang harus di simpan di dalam kulkas agar tidak cepat busuk umumnya anggur, strawberry, jeruk, mangga dan sebagainya. Sama seperti menyimpan sayuran, meletakkan buah di dalam kulkas dan di atas meja tidak boleh sembarangan. Justru buah yang kita simpan bisa cepat rusak. 

Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama 

Berikut ini beberapa tips jualan buah agar tidak cepat busuk, langkah menyimpan buah supaya tahan lama dan tidak cepat busuk: 

  1. Pastikan Buah Selalu Baik 

Supaya tahan lama, anda tentu harus memastikan bahwa buah Segar Kumala Indonesia dalam kondisi yang baik lebih dulu. Anda bisa mencuci buah lebih dulu kemudian potong kecil-kecil. Jika ada bagian-bagian yang sudah membusuk, maka anda sebaiknya segera membuangnya. Jadi, ini tidak akan memicu pembusukan ke bagian buah yang lainnya. 

  1. Memisahkan Buah-Buahan Sebelum Di simpan ke Kulkas 

Tidak semua buah dapat langsung di simpan ke dalam kulkas. Soalnya beberapa jenis buah harus matang lebih dulu di suhu ruangan seperti apricot, alpukat, jambu biji, melon, papaya dan mangga. Setelah matang, anda bisa menyimpannya ke dalam  kulkas. 

  1. Masukkan Buah ke dalam Wadah Penyimpanan 

Tips jualan buah agar tidak cepat busuk ketiga, beberapa jenis buah seperti apel dan pir memiliki gas etilen yang bisa mempercepat proses pematangan buah. Untuk itu, anda perlu memisahkan buah-buah ini dengan buah yang lainnya. Masukkan buah tersebut ke dalam wadah plastic yang sudah di alasi dengan tisu sebelum menyimpannya di kulkas. Tetapi hindari memasukkan banyak buah ke dalam satu wadah. Sedangkan untuk buah blueberry, anggur, dan strawberry, anda dapat menyimpannya ke dalam wadah dengan ventilasi kecil agar tidak mudah lembab. 

  1. Memisahkan Buah dengan Bahan Makanan yang Lain 

Pisahkan buah dengan unggas, daging dan bahan makanan lain yang di simpan di kulkas. Ini penting untuk mencegah kontaminasi bakteri yang mempercepat pembusukan buah. 

  1. Mengatur Suhu Kulkas Ketika Menyimpan Buah 

Suhu kulkas yang ideal untuk menyimpan buah adalah 0-10°C. Semakin dingin kulkas maka oksigen yang di hirup dan karbondioksida yang di keluarkan oleh buah akan berkurang sehingga memperlambat pembusukannya. 

Tips Jualan Buah Buahan 

NoTips Sukses Menjual Buah
1Melakukan riset pasar
2Menentukan lokasi bisnis 
3Identifikasi supply buah yang memadai
4Memeriksa buah secara berkala dan simpan buah dengan benar
5Mempromosikan di media sosial
6Memperhatikan layanan antar
  1. Bersihkan Kulkas dengan Rutin 

Tips jualan buah agar tidak cepat busuk ke enam, kebersihan kulkas juga mempengaruhi kesegaran buah. Kulkas yang kotor dan beraroma tidak sedap tentunya bisa memicu pertumbuhan bakteri sehingga merusak kualitas buah. Untuk itu, bersihkanlah kulkas secara berkala minimal satu bulan sekali sebelum membeli buah dari importir buah terbesar di Indonesia

  1. Menyimpan Buah pada Tempat Kering dan Sejuk 

Jika anda tidak memiliki kulkas, anda masih dapat menyimpan buah pada tempat yang sejuk dan kering. Untuk menjaga kelembaban buah, maka lapisi buah dengan kertas tissue. Selain itu, anda juga dapat menyimpannya dalam plastic yang sudah di lubangi. 

  1. Simpan di Kompartemen Kulkas 

Anda dapat menyimpan beberapa buah di kompartemen kulkas agar tetap segar. Pastikan agar suhu kulkas tetap berada di bawah lima derajat Celcius. Selain itu, hindari menyimpan terlalu banyak makanan di dalam kulkas karena ruang yang sempit bisa menyebabkan udara tidak mengalir. Anda harus memberikan ruang antar buah agar udara dapat mengalir sehingga proses pendinginan menjadi lebih baik dan lebih merata. 

  1. Simpan Buah Menggunakan Tisu 

Kondisi lembab bisa mempercepat proses pembusukan buah. Jadi, untuk menjaga kondisi buah agar tidak mudah lembab, anda bisa membungkus atau melapisinya dengan tisu. Tisu mencegah buah mengalami kerusakan ketika d isimpan di kulkas. Tetapi apabila kondisi tisu sudah basah maka segera ganti dengan menggunakan tisu baru yang kering agar buah tetap segar dan awet. 

  1. Simpan Buah dalam Freezer 

Buah yang masih utuh alias belum di kupas atau di potong dapat di buat lebih tahan lama dengan cara di bekukan di dalam freezer. Lewat proses pembekuan, kandungan gizi dari buah dapat terjaga. Hal ini juga bisa mengurangi terjadinya aktivitas pematangan pada buah. 

  1. Membungkus Jenis Buah Tertentu dengan Kertas 

Ada beberapa jenis buah dari grosir buah import yang bisa menghasilkan gas etilen hingga mempercepat proses pembusukan seperti pisang, apel, tomat dan mangga. Agar tidak membuat buah-buahan lainnya menjadi busuk, anda sebaiknya membungkus buah-buahan tersebut dengan kertas sebelum menyimpannya. 

  1. Menjauhkan Buah-Buahan dari Sinar Matahari

Tidak banyak yang menyadari jika tips jualan buah agar tidak cepat busuk bahwa paparan sinar matahari juga membuat buah-buahan cepat busuk. Jika tidak disimpan di kulkas, buah-buahan itu harus diletakkan pada tempat yang kering namun tidak terlalu panas. Jadi, anda harus menjauhkan persediaan buah-buahan di dapur dari sinar matahari khususnya ketika cuaca sedang panas.  

FAQ 

Apa yang menyebabkan buah membusuk?

-Busuk pada buah merupakan suatu proses yang terjadi secara berangsur-angsur, diawali dengan infeksi. Keadaan busuk bisa disebabkan oleh cendawan, bakteri, dan virus. Buah berulat adalah buah yang telah cacat diserang ulat atau buah yang telah mengandung ulat. Ulat ini biasanya berasal dari lalat buah.

Apakah buah apel cepat busuk?

-Apel adalah salah satu buah yang disukai banyak orang. Selain mudah ditemukan, apel juga menawarkan rasa manis yang pas. Tapi, seperti buah lainnya, apel juga mudah busuk apalagi jika disimpan dengan cara yang salah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top