Importir Buah Terbesar di Indonesia

Menjadi importir buah terbesar di Indonesia tentu menjadi impian besar bagi banyak orang. Bisnis impor sudah sangat digemari oleh banyak pebisnis karena keseruannya dan profit yang dihasilkan dari impor barang bisa berlipat ganda. Banyak produk dari luar negeri yang sangat berpotensi untuk diimpor. Kadang bisa juga karena harga produksi di luar negeri lebih murah sehingga para importir berani menginvestasikan waktu untuk mendalami bisnis impor

Pada era digital, persebaran informasi terjadi dengan sangat cepat dan sangat mudah untuk bisa diakses oleh siapapun. Teknologi ini sudah mulai banyak dimanfaatkan oleh beberapa importir untuk memperluas market dalam dunia online. Pergantian trend yang sangat cepat menjadi momentum kuat bagi importir untuk mendapatkan untung beberapa kali lipat. 

Untuk bisa menjadi importir yang sukses ternyata tidak semudah yang kita kira. Ada banyak waktu dan tenaga yang sudah terkuras. Lewat banyak trial and error bahkan hingga mengalami kerugian. Hal itu dikarenakan perlunya pengalaman yang kuat dalam melakukan bisnis impor mulai dari management, pengaturan stok, memilih produk yang baik, menganalisa supplier dan sebagainya. 

Perusahaan Importir Buah Terbesar di Indonesia 

  • Melakukan Riset Produk dan Pasar 

Untuk memulai bisnis importir yang sukses, anda harus menentukan lebih dulu jenis buah apa yang paling banyak dicari di pasaran dan banyak dibutuhkan oleh banyak orang saat ini. selain itu, anda juga harus melakukan riset produk dan pasar lebih dulu agar anda tahu produk apa yang tepat untuk anda jual. Anda bisa melakukan riset dengan menentukan segmentasi pasar untuk menemukan target pasar yang cocok dengan produk yang akan anda jual nanti. 

  • Cari Market Lebih Dulu 

Untuk menjadi importir yang sukses, maka anda harus mencari market yang ingin dituju. Mencari market bisa diartikan sebagai mencari target market yang ingin dituju atau disebut market niche dimana kita memahami factor demografi dan kebiasaan market. Factor demografi sendiri dimulai dari jenis kelamin, usia, wilayah yang ingin dituju. 

Kebiasaan market ini juga dapat diartikan sebagai People’s Buying Behavior dimana kita memahami bahwa kebiasaan setiap orang dalam membeli berbeda-beda dimulai dari analisa yang jelas dan spesifik, kita akan memahami kebutuhan mereka dan bagaimana cara menjualnya. Setelah mengerti berbagai permasalahannya, di situ kita membawa produk impor sebagai penyelesaian untk masalah mereka. 

  • Cari Penjual atau Supplier Produk yang Memberikan Harga Terbaik 

Setelah menemukan serta menentukan produk yang sesuai dan melakukan riset pasar secara mendalam, anda juga harus  menentukan penjual yang memberikan harga terbaik serta kompetitif. Untuk menemukannya, anda dapat memanfaatkan platform jual beli online yang ada di berbagai situs internet. 

Misalnya anda ingin melakukan impor dari China, anda bisa membandingkan harga lewat platform seperti Alibaba, TaoBao dan sebagainya. Dengan demikian, anda akan lebih mudah mendapatkan produk dari supplier terpercaya yang memberikan harga termurah untuk anda. 

Untuk urusan pembayaran stok impor yang anda beli dari supplier luar negeri, anda tidak usah khawatir. Anda bisa menggunakan platform untuk transfer uang dengan mudah dan aman. Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja hingga dana yang anda transfer sampai ke rekening pihak supplier produk di luar negeri. Sangat praktis bukan? 

Daftar Importir Buah Terbesar di Indonesia Contohnya 

No 

Importir Buah di Indonesia

1

SKI Indonesia 

2

PT Indomarine Internusa Group 

3

PT Ridho Sribumi Sejahtera 

4

Matsubo Corporation 

5

PT Mitekindo Tri Sarana 

6

CV Gihon Juma Sentosa 

7

CV Ayin Beth 

8

PT Berkah Laksamana Chengho 

9

PT Cipta Agri Pratama 

10

PT Usahajaya Agroindo 

 

  • Memasarkan Bisnis Secara Online 

Memperluas bisnis dengan cara online adalah salah satu langkah yang bisa anda ambil. Dengan online marketing, produk yang dijual akan lebih mudah menjangkau audiens sesuai dengan target pasar dari produk yang dijual. Selain itu, marketing melalui kanal online juga bisa menghemat biaya operasional seperti sewa toko, listrik dan lain sebagainya. Untuk memasarkan bisnis secara online, anda bisa membuat akun media sosial berisi promosi produk yang anda jual atau dengan membuat toko di marketplace terbesar di Indonesia. Dengan demikian, produk yang anda jual akan lebih banyak menarik minat konsumen. 

  • Menyiapkan Perizinan dan Dokumen-Dokumen yang Dibutuhkan untuk Impor

Untuk menjadi seorang importir yang legal, anda tentu harus mengurus perizinan dan menyerahkan berbagai dokumen yang dibutuhkan agar bisnis importir yang anda jalani sah di mata hukum. Aturan tentang importir diatur dalam peraturan Menteri Keuangan Nomor 59/PMK.04/2014 yang berisi bahwa sebagai seorang importir, seseorang harus melakukan registrasi kepabeanan. 

Untuk registrasi kepabeanan, anda dapat melakukan pendaftaran ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mendapatkan Nomor Identitas Kepabeanan (NIK). Selain itu, anda juga perlu mengurus API atau Angka Pengenal Importir sebagai tanda pengenal importir. Angka Pengenal Impor atau API bisa anda dapatkan setelah membuat Nomor Induk Berusaha (NIK). Jangan lupa mempersiapkan dokumen pelengkap lain yang dibutuhkan untuk impor seperti invoice, packing list, bill of lading, dan masih dokumen lain yang harus anda serahkan sesuai dengan komoditas produk yang akan diimpor serta dipasarkan lagi.    

FAQ 

Mengapa produk impor lebih murah?

-Banyak impor yang harganya lebih murah daripada yang setara dengan yang ditanam di dalam negeri, dan persaingan dari impor membuat harga produk dalam negeri turun. Produk impor juga terkadang lebih segar daripada produk dalam negeri.

Berapa margin keuntungan pada buah-buahan?

-Bisnis jual buah memang menggiurkan. Ini adalah tanggung jawab pemilik toko untuk mengetahui jumlah keuntungan yang dia peroleh biasanya. Namun, keuntungan ini berkisar antara 20-30%. Beberapa pemilik toko dapat menghasilkan lebih banyak uang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top