Usaha Buah-Buahan

Indonesia adalah negara tropis yang punya kekayaan alam yang sangat besar seperti buah-buahan. Berbagai buah-buahan bisa tumbuh di tanah air sehingga potensi bisnis usaha buah-buahan sangat besar di Indonesia. Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pasokan buah-buahan yang membuat bisnis buah-buahan sangat menjanjikan saat ini. Bisnis buah-buahan termasuk jenis usaha yang bisa dijalankan dengan mudah dan modal kecil serta menguntungkan. 

Di pinggir jalan sangat mudah, Anda menemukan gerai usaha kios buah-buahan dan jualan buah di mobil. Mereka menjual berbagai macam buah-buahan sangat lengkap seperti alpukat, pisang, mangga, sirsak, salak, nangka, rambutan, lengkeng, sawo, manggis, semangka, jeruk, apel dan lainnya. Tetapi di beberapa tempat, anda sulit menemukan gerai usaha buah-buahan

Peluang Usaha Buah-Buahan 

  • Memiliki Pemahaman Dasar tentang Buah-Buahan 

Buah-buahan dapat dijual dalam bentuk segar pada setiap orang yang sehat. Tidak hanya itu, warna buah juga bisa. Ceritakan banyak hal tentang rasanya. Ketika pelanggan meminta buah yang matang atau manis, Anda bisa menyediakannya tanpa mengecewakan mereka. 

  • Menyediakan Buah-Buahan Berkualitas Tinggi 

Buah yang dijual harus berkualitas tinggi seperti enak, segar dan bersih. Jangan pernah menjual buah yang sudah keriput karena sudah tidak tertarik lagi untuk melihatnya apalagi memakannya. Mayoritas pembeli merasa senang dengan apa yang  mereka lihat. Pastikan buahnya memiliki penampilan yang menarik dan rasa yang enak agar bisnis buah Anda disukai oleh pelanggan. 

  • Memilih Situs Penjualan dengan Traffic Visitor yang Padat 

Pengaruh lokasi penjualan tidak bisa dipisahkan dari keberhasilan atau kegagalan perusahaan buah. Pilihlah lokasi strategis yang selalu ramai seperti kompleks, pasar, jalan raya, atau area perkantoran. Ini disebabkan karena sebagian besar buah-buahan ini dibeli oleh orang dewasa agar perusahaan buahnya berkembang setiap hari. 

  • Tidak Perlu Menyewa Kios 

Anda tidak perlu menyewa kios untuk berjualan buah karena bisa dilakukan dimana saja. Harga sewanya sangat mahal. Lebih baik untuk berkeliling di dalam mobil sehingga anda bisa menjangkau wilayah yang lebih luas dengan konsumen yang lebih banyak. Selain itu, biaya leasing bisa dikurangi. Anda tidak perlu membayar sewa kios, energi atau keamanan sehingga memungkinkan penghasilan dimaksimalkan. 

  • Mencari Produsen Terkemuka 

Untuk mendirikan bisnis buah, Anda  tidak harus menjadi petani buah. Anda mungkin mendapatkannya dari petani buah namun hanya dari petani dengan reputasi terbaik baik itu dari segi kualitas, pasokan atau harga. Bisnis hanya bisa berfungsi dengan lancar dan bantuan penanam buah yang andal. Produsen mungkin tidak berani menipu karena keberhasilan atau kegagalan bisnis mereka sangat tergantung pada Anda. Intinya, harus ada symbiosis mutualisme. 

Modal Usaha Buah-Buahan 

No

Modal Usaha Buah

Harga

1

Sewa tempat 

Rp 2.000.000,00

2

Etalase 

Rp 3.125.000,00

3

Rak buah 

Rp 2.140.000,00

4

Gantungan buah 

Rp 120.000,00

5

Lampu penerangan 

Rp 125.000,00

6

Wadah buah 

Rp 362.000,00

7

Timbangan buah 

Rp 321.000,00

8

Meja 

Rp 1.214.500,00

9

Kursi 

Rp 1.378.000,00

10

Mesin freezer 

Rp 1.471.000,00 

11

Pisau 

Rp 52.500,00

12

Alat tulis 

Rp 91.500,00

13

Gunting 

Rp 27.800,00

14

Banner 

Rp 550.000,00

15

Alat pembersih 

Rp 72.500,00

16

Lainnya 

Rp 21.000,00

 

  • Pastikan Buahnya Beragam 

Anda juga harus membedakan jenis buah yang disupply berdasarkan selera konsumen yang disupply berdasarkan selera konsumen yang beragam. Ada jeruk, mangga, apel, pir, semangka dan buah-buahan lain yang tersedia untuk dibeli memungkinkan pelanggan untuk memilih buah yang ingin mereka nikmati saat itu. Tidak harus lengkap namun konsumen harus bisa memilih. Dan memasok buah-buahan universial dalam arti permintaan tinggi sehingga buah segera habis. 

  • Menerima Pesanan Online 

Melakukan bisnis secara lokal tidak cukup khususnya jika anda ingin meningkatkan omset penjualan Anda. Akan lebih baik menawarkan secara online sehingga pelanggan bisa menjangkau yang jauh lebih besar. Membeli secara online juga lebih nyaman dan tidak diragukan lagi lebih popular dalam budaya saat ini. Selain itu, musim epidemi saat ini menyebabkan peningkatan jumlah orang yang nyaman membeli secara online. Anda harus menyediakan layanan pengiriman kendaraan atau sepeda motor untuk transaksi internet ini. Akibatnya hindari menggunakan jasa logistic untuk menjaga kualitas buah. Buahnya dapat sampai ke tangan pembeli tanpa cacat sedikitpun. 

  • Susun  Buah yang Sesuai 

Anda harus menyadari bahwa tata letak yang tepat bisa meningkatkan daya tarik konsumen! Jadi meskipun satu-satunya tempat menjual buah adalah di gerobak, aturlah buah dengan sebaik mungkin. Selain itu, perhatikan juga kemasan buahnya. Pastikan rasanya enak, tidak ada tumpeng tindih sehingga buah tidak penyok ketika dibawa pulang oleh pelanggan. 

  • Layanan Luar Biasa 

Salah satu hal yang paling penting untuk diingat ketika memulai bisnis buah adalah bagaimana Anda melayani pelanggan anda. Sapalah konsumen dengan sopan dan berikan kesan yang baik agar mereka merasa nyaman ketika membeli buah. Jangan pernah merasa kesal jika pelanggan banyak bertanya atau memegang buah ini atau itu. Selalu perlakukan pembeli seperti raja untuk memastikan bahwa perusahaan anda berhasil menjual buah

FAQ 

Apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pemasaran dan penjualan buah-buahan?

-Volume produk yang ditanam, lokasi penanam, waktu yang tersedia untuk kegiatan pemasaran, dan kualitas buah dan sayuran organik adalah beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pasar atau kombinasi pasar yang akan digunakan.

Apakah menjual buah adalah bisnis yang bagus?

Bisnis jual buah memang menggiurkan. Ini adalah tanggung jawab pemilik toko untuk mengetahui jumlah keuntungan yang dia peroleh biasanya. Namun, keuntungan ini berkisar antara 20-30%. Beberapa pemilik toko dapat menghasilkan lebih banyak uang. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top