Bisnis Jus Buah Peluang Bisnis Lain dari Usaha Toko Buah

Bisnis Jus Buah: Peluang Bisnis Lain dari Usaha Toko Buah

Usaha toko buah – Peluang bisnis jus buah punya prospek yang cukup cerah dan potensi pendapatan yang segar. Apakah anda penasaran untuk mencoba usaha toko buah? Minuman trendi yang terbuat dari kopi, susu atau berbagai jenis rasa buah memang popular di kalangan banyak orang. Alasannya sederhana, jenis minuman ini punya rasa yang lezat dan menyegarkan. Menurut generasi milenial, minuman trendi ini memberikan kepuasan ketika di nikmati. 

Rasa manis sebenarnya punya efek psikologis yang kompleks. Selain itu, rasa manis juga bisa mempengaruhi minat dalam menjalin hubungan dan perilaku yang romantic. Tidak mengherankan jika makanan atau minuman yang punya rasa manis seringkali di berikan kepada orang-orang yang di sayangi. Ini menciptakan peluang usaha yang sangat menjanjikan, khususnya bagi mereka yang ingin menjual jus buah yang manis dan sehat. 

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Jualan Jus Buah? 

Membuka bisnis jus buah segar kumala Indonesia tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang sudah di rencanakan, ada beberapa hal yang harus di perhatikan. terlebih lagi bagi anda yang baru pertama kali memulainya. Berikut di antaranya yang wajib di simak: 

  • Memperhatikan Lokasi Usaha 

Hal pertama dalam memulai bisnis jus adalah dengan memperhatikan lokasinya. Meskipun hal tersebut menjadi hal klasik namun tetap saja jika tidak di perhitungkan akan mengganggu jalannya usaha nantinya. Misalnya anda memilih lokasi yang kurang tepat, maka bisa jadi usaha yang di jalankan kurang begitu ramai dan di minati konsumen. Untuk pemilihan lokasi, sebaiknya pilih lebih dulu yang mudah di jangkau oleh banyak orang. Contohnya ada di dekat jalan raya dan pusat keramaian lain seperti sekolah, kampus dan sebagainya. Semakin ramai lokasi tersebut maka peluang usaha semakin besar. 

  • Menentukan Siapa Target Pasarnya 

Ketika lokasi telah di pilih dan di tentukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan siapa target pasarnya. Misalnya jika usaha tersebut berada di area yang dekat dengan sekolah maka segmentasi pasarnya adalah anak sekolah. Demikian juga dengan lokasi yang ada di daerah kampus, maka target pasarnya adalah mahasiswa. 

Anda harus menyesuaikan porsi yang tepat dan harganya. Demikian juga jika ada di komplek perumahan, maka pangsa pasarnya akan cukup luas. Sebab, tidak hanya anak-anak karena yang membeli dapat berasal dari semua kalangan baik tua ataupun muda. Khususnya untuk ibu rumah tangga yang ingin menjalani hidup sehat dapat di jadikan target pasar yang memiliki prospek pasar. 

  • Melakukan Promosi Menarik 

Promosi merupakan hal terpenting dalam menjalani sebuah usaha, termasuk jika ingin memulai usaha jus buah. Promosi ini dapat di lakukan dengan cara konvensional seperti menyebarkan pamflet dan sebagainya. Atau anda bisa melakukannya secara online. Keuntungannya, jika menggunakan promosi online maka modal yang di keluarkan tidak begitu besar dan bisa menyasar masyarakat luas. 

Dalam promosi di media sosial, sebaiknya gunakan gambar atau foto yang menarik. Demikian juga dengan bahasa-bahasa promosi yang di gunakan. Gunakan bahasa yang sifatnya persuasif. Anda bisa memberikan promo online seperti buy one get one pada hari tertentu atau potongan harga untuk varian rasa tertentu dari buah import berkualitas

Bisa juga dengan menggunakan kupon, missal jika pembeli sudah membeli jus pada tempat anda sebanyak lima kali maka untuk pembelian yang keenam akan mendapatkan secara gratis. Bisnis anda pun tentu akan semakin diminati, khususnya bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. 

Berapa Modal Usaha Toko Buah? 

NoUraianJumlahHarga Satuan/PcsTotal
1Aneka buah Rp 500.000
2Blender 1Rp 224.000Rp 224.000
3Box Ice1Rp 125.800Rp 125.800
4Pisau buah 1Rp 21.500Rp 21.500
5Lap Kain 3Rp 4000Rp 12.000
6Alat Cup Sealer1Rp 575.000Rp 575.000
7Gelas plastic isi 300 Pcs 18Rp 8.500Rp 153.000
8Sedotan isi 300 Pcs3Rp 10.000Rp 30.000
9Plastic tenteng gelas9Rp 4.950Rp 44.450
  • Inovasi Rasa 

Bidang bisnis jus buah dari supplier buah import memang usaha yang tidak pernah mati. Meskipun demikian, anda harus tetap melakukan inovasi baru agar tidak ditinggalkan oleh pelanggan setia. Terlebih lagi dalam menyasar calon pembeli baru. Untuk hal ini, anda bisa melakukan berbagai eksperimen jus buah yang menarik dan berbeda dari competitor. 

Misalnya jus untuk kebugaran, jus untuk konsumen yang menjalani diet dan sebagainya. Kemudian selain jus, anda juga bisa memberikan inovasi yang lainnya. 

  • Kebersihan Bahan Baku dan Perlengkapan 

Tidak hanya soal keunikan rasa dan kemasannya, untuk menjaga kualitas jus buah yang dijual juga ada kalanya memperhatikan aspek kebersihan. Baik itu kebersihan dari bahan baku buah yang digunakan ataupun perlengkapannya. Untuk air mineral, sebaiknya pilih air mineral dengan kualitas terbaik. 

Jika anda telah melayani satu pembeli atau satu porsi jus, maka cuci blender dengan bersih menggunakan air mengalir agar bersih dengan sempurna. Jika keberhasilan ini terjaga dengan baik maka bisa meningkatkan keyakinan para konsumen ataupun pembeli. Dengan demikian, mereka merasa aman dan nyaman saat membeli jus anda. 

  • Menggunakan Layanan Pesan Antar Makanan

Saat ini, pada era digital membuat berbagai usaha bisa dijalankan dengan mudah dan pelayannya pun semakin baik. Apalagi saat ini juga bermunculan berbagai ragam aplikasi yang bisa memudahkan para pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya ataupun melayani para pembelinya. 

FAQ 

Bagaimana cara memulai usaha toko buah?

-Untuk memulai usaha toko buah, Anda perlu melakukan riset pasar untuk menentukan lokasi strategis, menyusun rencana bisnis, memperoleh izin usaha, menyiapkan stok buah yang berkualitas, mendesain tata letak toko yang menarik, dan mempromosikan toko Anda.

Apakah saya harus memiliki pengetahuan khusus tentang buah untuk memulai usaha toko buah?

-Meskipun pengetahuan tentang buah akan sangat membantu, itu bukan syarat mutlak. Anda dapat memperoleh pengetahuan tersebut dari berbagai sumber seperti membaca buku, mengikuti pelatihan, atau berbicara dengan petani atau pemasok buah. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top